Pemilu RW

Pemilu RW

Jumat, 18 Mei 2012

Thomas Hobbes, John Lock, Rousseu, Montesquieu, Hegel, Karl Marx, R. Owe


No
Nama Tokoh
Biografi
Masyarakat dan manusia
Kekuasaan & Negara
Karya-karya
Agama
1
      Thomas Hobbes
Lahir pada 5 April 1588, Malmesbury, Wiltshire, Inggris, dengan keadaan orang tua yang kurang berkecukupan. Dan Meninggal 4 Desember 1679 (umur 91), Derbyshire, Inggris Hobbes merupakan orang yang cerdas, di usia 4 tahun dia sudah mempelajari bahasa yunani dan bahasa latin kemudian pada umur 6 tahun ia sudah dapat menerjemahkan The Medea karya Euripide ke dalam bahasa latin.
Hobbes adalah peletak dasar terhadap tradisi kontrak sosial modern
Menurutnya manusia adalah pusat segala persoalan social dan politik. Dan ia juga berpendapat manusia itu di ibaratkan seperti mesin-mesin kecil. Menurutnya tubuh manusia hanyalah alat-alat mekanis, selain itu manusia juga sebagai seorang pemikir. Konsep yang paling mendasar tentang ini yaitu ia berpendapat bahwa kehidupan manusia akan selalu di warnai oleh persaingan dan konflik kekuasaan. Seperti manusia akan menjadi serigala bagi manusia lainnya (homo homonilupus) kemudian melahirkan  Bellum contra Omnes (perang melawan semua).
Hobbes memandang sebelum terbentuknya Negara masyarakat politik atau kekuasaan bersama keadaan alamiah. Hobbes berpendapat bahwa terbentuknya sebuah Negara atau kedaulatan pada hakikatnya sebuah kontrak atau perjanjian social. Dalam perjanjian itu manusia menyerahkan hak-haknya serta kebebasannya kepada seorang penguasa Negara atau semacam dewan rakyat. Selain itu manusia dibagi dua pilihan kebebasan atau dikuasai.  Menurutnya Monarki absolute adalah bentuk Negara terbaik, dan demokrasi merupakan pluralism politik yang membuat kekuasaan Negara tidak solid dan padu. Menurutnya kekuasaan sang penguasa harus di selesaikan individu dengan individu. Kekuasaan. Kekuasaan negara terbelah menjadi dua kekuasaan raja dan kekuasaan parlemen.
·   Karyanya antara lain : Leviathan
·   The Medea karya Euripide.
·   De cive
Menurutnya agama merupakan salah satu sumber konflik yang potensial dan pemicu ketegangan social. Bukan hanya itu Hobbes juga menganggap agama sebagai tahayul-tahayul yang di benarkan dan produk rasa takut. Dan ia menilai agama yang di anut manusia itu keliru. Karena agama merupakan alat untuk kepentingan negara.
2
John Locke


Lahir di Wrington Kota Somerset Inggris tahun 1632 (meninggal tahun 1704).
Pada usia 20  Locke memasuki Universitas Oxford dan disini ia mulai berkenalan dengan Edward Bagshawe.
Locke dikenal sebagai tokoh pemikir politik Inggris yang sangat berpengaruh. Beliau juga dikenal sebagai tokoh yang sangat kritis terhadap kekuasaan negara yang mutlak.
Ia sering disebut sebagai tokoh yang memberikan titik terang dalam perkembangan psikologi.

 Ada dua prinsip pemikiran John Locke :
1.   Semua manusia memiliki kemampuan moral
2.   Keyakinan dalam kompetisi kebajikan
Dia mengatakan bahwa kekuasaan pemerintahan mesti dibatasi oleh kewajiban menunjang hak-hak azasi manusia antara lain: hak atas keselamatan pribadi, hak kemerdekaan dan hak milik.
Locke menjelaskan bahwa ketika ia menggunakan istilah properly (milik) yang ia maksudkan adalah “kehidupan, kebebasan dan estate”.

Locke adalah penentang gigih monarki absolut di negaranya, karena bertentangan dengan prinsip civil society.
Muncul anti tesis dari Locke yang menentang pemikiran Sir Robert Filmer yang mempertahankan pemikiranya tentang kekuasaan absolut tersebut.
Kitab suci tidak membenarkan kekuasaan tiraniàpembatasan-pembatasan kekuasaan yang bersifat sekuler
Kekuasaan penguasa bukan berasal dari Tuhan atau diwariskan turun-temurunàkekuasaan merupakan produk perjanjian sosial antara warga negara dengan penguasa negara
Kekuasaan absolut antitesis kebebasan
Manusia dilahirkan dengan kesamaan derajat.
Dalam pemikirannya ia selalu mengedepankan prinsip mayoritas.
·   Two Triatises of Governement (1690).
·   A Letter on Toleration (1689).

·   Some Thoughts Concercing Education (1693).
·   Oceana adalah karyanya, ia menggariskan skema bagi reformasi pemerintahan republik baru yang perlu dibangun dalam commonwealth oceana.
·   An Essay concerning toleration.
Menurut Locke Salah satu kebebasan yang harus dihargai adalah :
1. kebebasan menganut agama dan keyakinan
dalam civil society ,
 2. Gagasan toleransi agama sejalan dengan pandanganya tentang perjanjian masyarakat dan wewenang kekuasaan Negara.
3. Perlu adanya toleransi timbal balik antara otoritas keagamaan dengan pemerintahan sipil.
Jadi Lock mencolok pada Skularisme dan Liberalisme. Menrutnya negara jangan terlalu ikut campur terlalu jauh dalam hal agama.
3
                     Jasque Rousseu
Rousseu Adalah Manusia Abad Pencerahan, Ia Di Lahirkan 28 Juni 1712 Di Geneva, Swiss dan meninggal 2 Juli 1778. Ia Banyak Hidup Dengan Pamannya Seorang Pemuka Agama Yang Kaya Raya.
Ia Hidup Saat Perancis menjadi salah satu center of civilization Eropa. Ia mengedepankan konsep Romantisme. Yang mana kaum ini membenci kehidupan modern, industrialisasi dan ekspansi. Selain itu ia seorang filsuf dan komposer Perancis Era Pencerahan dimana ide-ide politiknya dipengaruhi oleh Revolusi Perancis, perkembangan teori-teori liberal dan sosialis, dan tumbuh berkembangnya nasionalisme.
Rousseau berpendapat bahwa manusia mempunyai keadaan alamiah atau keadaan asli dalam dirinya sebagai suatu individu yang bebas atau merdeka tanpa adanya suatu intervensi atau paksaan dari manapun.
manusia abad pencerahan sudah mengubah dirinya menjadi manusia rasional . manusia rational hanya mementingkan factor material untuk memenuhi kebutuhan dirinya . factor-faktor non-materail berupa perasaan dan emosi mengalami pengikisan yang berakibat manusia seolah-olah hanya bergerak menurut rasionya saja..
Mengenai keadaan alamiah Manusia pada dasarnya baik.
Negara merupakan bentuk nyata dari kontrak social.Individu-individu di dalamnya sepakat untuk menyerahkan sebagian dari hak-haknya untuk kepentingan bersama melalui pemberian  kekuasaan kepada pihak-pihak tertentu diantara mereka.
Menurutnya keabsahan memerintah atas kehendak umum atau rakyat itu memiliki dua hal : pertama kemauan, kedua kekuatan. Yang di maksudnya kemauan yaitu kekuasaan legislative dan yang di maksud kekuatan adalah kekuasaan eksekutif. Dua kekuasaan ini harus ada kerjasama secara harmonis.
Negara yang ia didambakan adalah sistem yang memberlakukan demokrasi langsung dimana rakyat menentukan penguasa atau pemimpin mereka, membuat tata negara dan peraturan secara langsung dengan tanda kutip wilahnya itu tidak terlalu luas.
Bentuk negara yang menrutnya cock ada 3 karena dilihat dari jumlah yang berkuasa, antara lain demokrasi, aristokrasi dan monarkhi.

·   Du Contrac Social
·   Discours sur I’origine et les fondements de l’inegalite parmi les homes.
·   Considerations sur le gouvernement de pologne.

·   Confession', yang menginisiasi bentuk tulisan autobiografi modern
·   Reveries of a Solitary Walker

·   magnum opusnya, On Social Contract , Buku IV
Rosseau membagi agama menjadi dua, agama manusia dan agama masyarakat. Model pertama oleh Rosseau digambarkan sebagai natural divine right or law.
Sementara yang kedua ia menyebutnya sebagai civil or positive divine right or law.
Menurutnya agama yang menekankan pada aspek moralitas dan penyembahan kepada Tuhan. Rousseau  menyebut juga agama ini sebagai the religion of Gospel . Sementara, agama masyarakat atau agama sipil, terorganisasi dan hirarkis serta terikat dengan dogma-dogma formal. Agama ini mengajarkan cinta tanah air, ketaatan pada negara dan nilai-nilai pengorbanan.
4
Charles-Louis de Secondat Baron de La Brède et de Montesquieu.
Lahir pada tahun 18 Januari 1689 di kota Bordeaux, wafat 10 Februari 1755 Perancis. Montesque terkenal dengan Bapak Sosiologi Modern, dan ia juga sejarawan. ia pernah bekerja di pengadilan
Ia penulis novel terkemuka. Gagasan yang terkenal mengenai Trias Politica.
Ia memegang peranan penting dalam mempopulerkan istilah "feodalisme" dan "Kekaisaran Bizantium"
Montesquei menjelaskan bahwa terbentuknya perbedaan tingkah laku dan perilaku social individu disebabkan factor iklim dan letak geografis.
Mengenai masalah manusia dan masyarakat banyak dijelaskan pada spirit of laws, karena ini mempengaruhi lingkungan fisik manusia, bentuk kegiatan cara bagaimana manusia hidup bermasyarakat dan lembaga-lembaga social. Montesquie berpendapat kabinet yang ideal adalah cabinet yang terdiri dari dua kamar, kamar rakyat dan kamar bangsawan. Keduanya harus diberi hak yang sama.
Negara ideal menurutnya adalah berbentuk republik. Ia membagi dua kekuasaan yaitu,  pemisahan kekuasaan dan pembagian kekuasaan. Ini lahir dari trias politica yaitu tidak saling berkaitan antara satu dengan yang lain atau pembagian kekuasaan dengan makna pemisahan kekuasaan.
Inti trias politica  yaitu membagi kekuasaan menjadi 3 bentuk, eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
Eksekutif sebagai penyelenggara UU, Legislatif sebagai pembuat UU, dan Yudikatif sebagai penguasa yang diberi otoritas mengadili atas pelanggaran UU
Menurutnya Negara monarki adalah bentuk Negara despotis yaitu merupakan Negara terburuk. Menurutnya monarki itu tidak buruk asal saja penguasanya mematuhi hukum, menghormati rakyat dsb.
·   The Considerations on The Causes of The Grandeur and Decadence of the Romans (1743).
·   Spirit of The Law
·   Letter persanes, Paris Garnier Flammarior 1964.
·   De L’esprit des Lois yang berisi tentang konstitusi ideal.
Menurutnya agama menjadi factor yang di perhitungkan oleh penguasa Negara despostis yang membuatnya harus hati-hati bila melakukan tindakan.
Jadi apabila agama bisa menjadi hal yang menguntungkan maka ia akan pergunakan, akan tetapi apabila hadirnya agama menjadi merugikan agama akan ditinggalkan atau disingkirkan.
5
Georg Wilhelm friedrich Hegel
Lahir di Stuttgart tanggal 27 Agustus 1770 dan meninggal pada tahun 1831 karena sakit keras. Hegel merupakan filosofis yang memikirkan tujuan untuk mengatasi ketegangan diantara manusia dengan alam. seorang filsuf idealis Jerman yang lahir di Stuttgart, Württemberg, kini di Jerman barat daya. Ia lahir dari keluarga kelas menengah dan Ia adalah pencetus faham Hegelianisme.

Menurutnya kehidupan masyarakat pada saat ini merupakan penjelmaan dari roh kudus. Yang semuanya bersifat suci.
Ia mempunyai argument, bahwa manusia itu bersifat rasional dan memiliki kesadaran sendiri maka ia sangat mengkultuskan kebebasan dan harus dibatasi di bawah pengawasn kekuasaan pemerintah.
Dialektik terdiri dari Ritme Tiga Hentakan: Thesis, AntiThesis dan Sintesis. Ini merupakan dukungan dari Ide Sosial yang ia sebut sebagai Roh Masyarakat.
Ajaran Hegel mengundang ajaran  yang mutlak dan di sebut dengan Absolute Idealism. Dari sini penyebab paham  kedaulatan  Negara yaitu bahwa semua kekuasaan bersumber dari Negara.
Negara dalam pemikirannya merupakan penjelmaan roh absolute dan roh ini terbagi menjadi dua : roh subjectif dan objectif. Hegel pun melihat karena ia perwujudan roh sebagai organ politik yang suci pula.
Negara dianalogikan sebagai derap langkah kaki tuhan di bumi, sehingga negara bukan alat kekuasaan,  melainkan tujuan  itu sendiri.
·    Phanomenologie Des Geistes Atau Fenomologi Roh (1806).
·   Wissenschaft Der Logik Atau Ilmu Logika (1812-1816).
·   The Philoshophy Of History Atau Filsafat Sejarah (1818). 
·   The PhilosophIy of Rights atau Filsafat Hak (1812).
·   Phenomenology of spirit
Hegel menilai agama sebagai kepentingan-kepentingan universal umat manusia, dan memperjuangkannya secara bersama-sama.
Prespektif kristiani itu merupakan hal yang suci (sacral).  Ia hanya mempercayai sifat trinitas dan dilengkapi dengan desain orang yang lebih baik secara moral dan lebih menyenangkan kepada Allah.
6
    

Karl Heinrich Marx
Karl Heinrich Marx lahir pada 5 Mei 1818 di Trier atau Traves, Jerman Hobbes adalah peletak dasar terhadap tradisi kontrak sosial modern. Ia terbilang dari keluarga terpandang.
Ayahnya Heinrich Marx adalah seorang yang berdarah Yahudi yang menjadi pengacara ternama di Traves, sementara ibunya juga berdarah Yahudi adalah putri pendeta Belanda. Karl Marx yang dikenal secara luas sebagai pendiri Ideologis komunis yang sebenarnya adalah seorang teoretikus besar kapitalisme. Marx sering dijuluki sebagai bapak dari komunisme. Marx terkenal karena analisis nya di bidang sejarah yang dikemukakan nya di kalimat pembuka pada buku ‘Communist Manifesto’ (1848) :” Sejarah dari berbagai masyarakat hingga saat ini pada dasarnya adalah sejarah tentang pertentangan  kelas.
Marx berpendapat bahwa dalam proses perkembangannya masyarakat akan mengalami perpecahan dan kemudian berbentuk dua blok kelas yang saling bertarung yaitu kelas borjuis kapitalis dan kelas proletariat.
Hubungan eksploitasi antara dua kelas itu menurut Marx akan menciptakan antagonisme kelas (Class Antagonism) yang pada akhirnya akan melahirkan krisis revolusioner.
Marx dan Engel mempunyai beberapa pemikiran tentang kemasyarakatan :  pertama, fakta bahwa sejarah umat manusia di warnai oleh perjuangan atau pertarungan di antara kelompok-kelompok manusia. kedua, sejarah perkembangan masyarakat selalu terdapat polarisasi. Suatu kelas hanya ada dalam posisi bertentangan dengan kelas-kelas lainnya. Dan kelas itu tidak lain adalah kelas penindas dan kelas tertindas.

Menurut Marx, negara secara hakiki merupakan negara kelas artinya negara dikuasai secara langsung maupun tidak langsung oleh kelas-kelas yg menguasai bidang ekonomi. Dengan perspektif ini maka negara bukan kawan kaum tertindas melainkan lawan.
Marx adalah orang yang sering mengkobarkan api Revolusi bisa kita lihat ia mengobarkan aksi Revolusi dengan kaum buruh besar-besaran dari tiga negara inggris, Jerman, dan Perancis ini merupakan revolsi liberal di Eropa, kemudian saat Era pencerahan membawa Eropa ke dalam sebuah peralihan dari kaum feodal ke kaum kapital ia mengobarkan revolusi tekonolgi saat adanya mesin cetak oleh Johan Guttenberg pada abad ke 15 M revolusi ini disebut dengan “Engel Revolusi Industri. Dari sinilah lahir fenomena revolusi sosial yang salah satunya terjadi di Perancis.  Dalam revolusi sosial ini, pihak yang menjadi aktor utamanya adalah kelas sosial baru yakni kaum borjuis atau kapitalis. Dengan hadirnya revolusi sosial ini, sistem feodal mulai runtuh dan kehilangan legitimasinya di mata masyarakat dan digantikan oleh sistem kapitalis
üUber die Differenz der democratischen undapikuraischen NaturePhiloshopie,. (15 April 1841), termuat dalam Historich kritiche Gesamtausgabe: Werke Scriften, Briefe (Frank furt 1844), Vol. I. P. 3-144.
üKritik des hegelchen Staatscrechts (1834), ((Stuttgart: Kroner), p. 20-149 Publikasi Inggris, Cristisme Of The Hegelian Philosopi of law (London).
üDie Deutsche Ideologie (1846), yang di tulis bersama Engels. Terjemahan dengan kata pengantar oleh R. Pascal, The German Ideology (Newyork: 1939).
Agama menurut Marx sebagai candu masyarakat, pendapat ini lahir karena citraagama telah di ubah yang mana agama adalah alat pengayom, pengasih, dan pembela,
Akan tetapi agama menjadi alat pelegalisasi kekuasaan pemerintah yang menguntungkan kaum elite. agama adalah perangkap yang di pasang kaum penguasa untuk menjerat kaum proletar yang tertindas.
Menurutnya agama merupakan pelarian dari ketidak-sempurnaan hidup manusia.
7
Robert Owen

Lahir lahir di Newton, Powys, Montgomeryshire, North Wales, 14 Mei 1771 meninggal  17 November 1858.  Owen adalah pemikir utama sosialisme utopis, dia adalah seorang pelaku bisnis sukses yg menyumbangkan banyak laba dari bisnisnya demi peningkatan hidup karyawannya. Maka dari itu ia terkenal dengan bapak koperasi.  Ia juga menyediakan suatu komunitas Owenite yg disebut New Harmony (Keselarasan Baru) di Indiana.
Awal mulanya ia hanya pedagang kain kemudian  Dia mendirikan suatu pabrik tekstil di New Lanark, Skotlandia, dalam arti kata awal mulanya ia adalah kaum menengah menjadi kaum borjuis.
Menurutnya Lingkungan adalah pembentuk utama watak manusia khususnya para pekerja. Maka, ia membuat tempat-tempat rekreasi dan melarang anak di bawah umur 10 tahun bekerja. Konsep Owen tentang anak-anak yaitu, anak dari umur 0-3 tahun harus di rawat oleh orang tua dan dari umur 3 tahun ke atas harus di rawat oleh Negara.
Ia juga mendirikan koperasi konsumsi, yang di kemudian hari tumbuh bak cendawan di musim hujan. Ia juga membuat Labour Exchange, yang membantu mengurangi pengangguran di Inggris Raya.
Mengenai Negara Owen sangat menyindir masalah ekonomi. Ia lebih menitik bertakan pada kaum borjuis atau pemilik pabrik. Dan ia banyak membantu kaum ploretar.
Karena Owen merupakan seorang yang utopis ia banyak melakukan kampanye-kampanye dan Negosiasi-negosiasi.
Menurutnya Pendidikan merupakan aspek terpenting untuk komunikasi antara rakyat dengan Negara. Karena ia mengenal konsep “orang yang memiliki derajat tertinggi adalah orang yang berpendidikan” maka dari itu Negara harus memberikan pendidikan. 

·   Two Triatises of Governement (1690).
·   A Letter on Toleration (1689).
·   Some Thoughts Concercing Education (1693).
·   Oceana adalah karyanya, ia menggariskan skema bagi reformasi pemerintahan republik baru yang perlu dibangun dalam commonwealth oceana.
Menurut Robert Owen Agama membuat orang menjadi semakin bodoh, karena ini merupakan bentuk pengekangan tuhan-tuhan kepada hambanya. Selain itu agama itu seluruhnya di dasarkan pola  imajinasi yang absolut.
Agama juga hanya di miliki oleh orang yang bodoh dan miskin.

8
                     Immanuel Kant
Ia lahir  di Konigsberg Jerman, tanggal 22 April 1724, meninggal 12 februari 1804. Ia mendapat julukan Deralleszermalmer dari Moses Mendelshon seorang filsuf keturunan yahudi, Yang artinya pelumat segala sesuatu. Ia pemikir yang sulit di pahami.
Ia hidup saat pencerahan sedang mekar-mekarnya di Jerman. Dan ia juga hidup saat revolusi Prancis dan saat kejayaan Napoleon.
Orang tua Kant adalah penganut gerakan Pietisme (gerakan keagamaan dalam protetanismeyang muncul sebagai reaksi atas teologi akademik yang sangat rasional dan institusi gereja yang kaku). Pengaruh pietisme sangat berpengaruh bagi Kant yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kewajiban.
Pemikirannya sangat kental mengangkat tentang hukum, dan etika Moral.  
Karya Kant yang terpenting adalah Kritik der Reinen Vernunft, 1781. Dalam bukunya ini ia “membatasi pengetahuan manusia” Atau dengan kata lain “apa yang bisa diketahui manusia.”
Ia menyatakan ini dengan memberikan tiga pertanyaan:
·   Apakah yang bisa kuketahui?
·   Apakah yang harus kulakukan?
·   Apakah yang bisa kuharapkan?
Pertanyaan ini dijawab sebagai berikut:
·   Apa-apa yang bisa diketahui manusia hanyalah yang dipersepsi dengan panca indra. Lain dari pada itu merupakan “ilusi” saja, hanyalah ide.
·   Semua yang harus dilakukan manusia harus bisa diangkat menjadi sebuah peraturan umum. Hal ini disebut dengan istilah “imperatif kategoris”. Contoh: orang sebaiknya jangan mencuri, sebab apabila hal ini diangkat menjadi peraturan umum, maka apabila semua orang mencuri, masyarakat tidak akan jalan.
·   Yang bisa diharapkan manusia ditentukan oleh akal budinya. Inilah yang memutuskan pengharapan manusia.
Dan dilanjutkan dengan pertanyaan keempat apa itu manusia???
Kant lebih mengedepankan liberal yang demokratis, dan ia mengganti state of nature menjadi masyarakat sipil.
Liberal yang demokratis lahir karena ia lebih menitik beratkan kosmopolitanisme moral yang mana lebih mementingkan peran negara-negara dalam pengelolaan kapasitas alam dan memilih untuk memperbaiki ruh dari negara-negara agar lebih mengedepankan pada perlindungan hak asasi dan jaminan keamanan manusia.
Menurutnya hukum adalah keseluruhan syari’at –syari’at yang dengan ini kehendak bebas dari orang yang satu dapat menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang lainnya.
Proses hukum bisa terjadi dengan :
·   Mengatur HAM
·   Pembagian kekuasaan untuk menjamin hak peradilan dalam perselisihan
·   Pemerintahan berdasarkan peraturan-peraturan.
·   Grundlegung zur metaphisic der sitten/GMS 1785.
·   Kitik der urteilskraft, 1790.
·   Zum ewigen frieden, 1795.
·   Meditatoium quarundumde igne succinta delianetio, 1755.
·   Kritik der praktischen vernunft/kpV, 1788.
·   Demundi sensibilis atque intelligibilisforma et principiis, 1770.



Ia tidak menyebut pada pola absolut akan tetapi ia berbicara hukum alam. Tetapi dalam buku lain ia mempunyai kepercayaan akan takdir.
9


John Stuart Mill

Ia lahir di London pada tahun 1806. Ia adalah seorang filsuf empiris dari Inggris. Ia juga dikenal sebagai reformator dari utilitarianisme sosial. Ayahnya, James Mill, adalah seorang sejarawan dan akademisi. Ia mempelajari psikologi, yang merupakan inti filsafat Mill, dari ayahnya.
Mill dipandang sebagai penghubung aliran individualisme dengan aliran sosialisme. Selain itu ia adalah orang yang sering mengemukan tentang hidup kebahagiaan, kesenangan. Ini lahir dari Utilitarianisme yang biasa disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happines theory)
Ia juga memakai prinsip Liberalism yang dipakai pada perpoltikan pemerintahan pada masa itu yaitu Demokrasi. Mill menjadi tokoh intelektual liberalisme Inggris kedua yang tidak lagi membela paham laissez faire klasik, melainkan memperhatikan tuntutan-tuntutan keadilan social (Magnis Suseno, 1998: 177-178).
Dalam kontek masyarakat dan manusia ia lebih menitik beratkan pada kebahagiaan dan kebebasan, karena pada dasarnya tujuan perbuatan manusia dan ukuran moralitas adalah hidup bebas dari kesedihan, dan kaya se kaya-kaya nya dalam kesenangan, baik dalam kualitas maupun kuantitasnya. Seperti filsafat Utilitarianisme modernnya Mill yaitu usaha untuk mengejar kebahagiaan samapi puncaknya.  
Ada dua sumber pemikiran utilitarianisme Mill, Pertama, dasar normatif artinya suatu tindakan dianggap benar kalau bermaksud mengusahakan kebahagiaan atau menghindari hal yang menyakitkan, dan buruk kalau bermaksud menimbulkan hal yang menyakitkan atau tidak mengenakkan. dan Kedua, dasar Psikologi artinya dalam hakikat manusia berasal dari keyakinannya bahwa kebanyakan, dan mungkin saja semua, orang punya keinginan dasar untuk bersatu dan hidup harmonis dengan sesama manusia.
Dari kekuasaan ia membagi dua kekuasaan yaitu,  pemisahan kekuasaan dan pembagian kekuasaan. Ini lahir dari trias politica yaitu tidak saling berkaitan antara satu dengan yang lain atau pembagian kekuasaan dengan makna pemisahan kekuasaan.
Ia lebih mengedepankan Demokrasi dan paling anti Monarki. Menurutnya Demokrasi adalah konsep terbaik dalam pemerintahan, karena dengan Demokrasi pasti disitu ada undang-undang yang akan mengaturnya dan semua orang bisa menuangkan tentang kebebasan.
Yang lebih menarik dari Mill adalah ia tidak percaya adanya pemerintahan dalam mensejahterakan masyarakat, karena masyarakatlah yang akan mensejahterakan dirinya sendiri.

·   The Considerations on The Causes of The Grandeur and Decadence of the Romans (1743).
·   Spirit of The Law
·   Letter  persanes, Paris Garnier Flammarior 1964.
·   Edinburgh Review The Principles of political Ekonomy 1848
·   Two Letters on the measure of Value 1822
·   The Traveller “Question of Population” 1823
·   The Negro Question, 1850.
·   Frazer Magazine
Menurutnya agama menjadi factor yang di perhitungkan oleh penguasa Negara despostis yang membuatnya harus hati-hati bila melakukan tindakan.
Dan baginya harus ada kepercayaan kepada tuhan, dan yakin bahwa tuhan menciptakan dengan hak seluruh yang sama.


Tidak ada komentar: