No
|
Nama Tokoh
|
Biografi
|
Masyarakat
dan manusia
|
Kekuasaan & Negara
|
Karya-karya
|
Agama
|
1
|
![]() |
Lahir
pada 5 April 1588, Malmesbury, Wiltshire, Inggris,
dengan keadaan orang tua yang kurang berkecukupan. Dan Meninggal 4 Desember
1679
(umur 91), Derbyshire, Inggris
Hobbes merupakan orang yang cerdas, di usia 4 tahun dia sudah
mempelajari bahasa yunani dan bahasa latin kemudian pada umur 6 tahun ia
sudah dapat menerjemahkan The Medea
karya Euripide ke dalam bahasa latin.
|
Menurutnya manusia adalah pusat segala persoalan social dan politik. Dan
ia juga berpendapat manusia itu di ibaratkan seperti mesin-mesin kecil.
Menurutnya tubuh manusia hanyalah alat-alat mekanis, selain itu manusia juga
sebagai seorang pemikir. Konsep yang paling mendasar tentang ini yaitu ia
berpendapat bahwa kehidupan manusia akan selalu di warnai oleh persaingan dan
konflik kekuasaan. Seperti manusia akan menjadi serigala bagi manusia lainnya
(homo homonilupus) kemudian
melahirkan Bellum contra Omnes (perang melawan semua).
|
Hobbes memandang sebelum terbentuknya Negara masyarakat politik atau
kekuasaan bersama keadaan alamiah. Hobbes berpendapat bahwa terbentuknya
sebuah Negara atau kedaulatan pada hakikatnya sebuah kontrak atau perjanjian
social. Dalam perjanjian itu manusia menyerahkan hak-haknya serta
kebebasannya kepada seorang penguasa Negara atau semacam dewan rakyat. Selain
itu manusia dibagi dua pilihan kebebasan atau dikuasai. Menurutnya Monarki absolute adalah bentuk
Negara terbaik, dan demokrasi merupakan pluralism politik yang membuat
kekuasaan Negara tidak solid dan padu. Menurutnya kekuasaan sang penguasa
harus di selesaikan individu dengan individu. Kekuasaan. Kekuasaan negara
terbelah menjadi dua kekuasaan raja dan kekuasaan parlemen.
|
· Karyanya antara lain : Leviathan
· The Medea karya
Euripide.
· De cive
|
Menurutnya agama merupakan salah satu sumber konflik yang potensial dan
pemicu ketegangan social. Bukan hanya itu Hobbes juga menganggap agama
sebagai tahayul-tahayul yang di benarkan dan produk rasa takut. Dan ia
menilai agama yang di anut manusia itu keliru. Karena agama merupakan alat
untuk kepentingan negara.
|
2
|
John
Locke
![]() |
Lahir di Wrington Kota Somerset Inggris tahun 1632
(meninggal tahun 1704).
Pada usia 20 Locke memasuki Universitas Oxford dan disini
ia mulai berkenalan dengan Edward Bagshawe.
Locke dikenal sebagai tokoh pemikir politik
Inggris yang sangat berpengaruh. Beliau juga dikenal sebagai tokoh yang
sangat kritis terhadap kekuasaan negara yang mutlak.
|
Ada dua prinsip pemikiran John Locke :
1. Semua
manusia memiliki kemampuan moral
2. Keyakinan
dalam kompetisi kebajikan
Dia mengatakan bahwa kekuasaan pemerintahan mesti
dibatasi oleh kewajiban menunjang hak-hak azasi manusia antara lain: hak atas
keselamatan pribadi, hak kemerdekaan dan hak milik.
Locke menjelaskan bahwa ketika
ia menggunakan istilah properly (milik) yang ia maksudkan adalah
“kehidupan, kebebasan dan estate”.
|
Locke adalah penentang
gigih monarki absolut di negaranya, karena bertentangan dengan prinsip civil
society.
Muncul anti tesis dari
Locke yang menentang pemikiran Sir Robert Filmer yang mempertahankan
pemikiranya tentang kekuasaan absolut tersebut.
— Kitab
suci tidak membenarkan kekuasaan tiraniàpembatasan-pembatasan
kekuasaan yang bersifat sekuler
— Kekuasaan
penguasa bukan berasal dari Tuhan atau diwariskan turun-temurunàkekuasaan merupakan produk perjanjian sosial antara warga negara dengan
penguasa negara
— Kekuasaan
absolut antitesis kebebasan
— Manusia
dilahirkan dengan kesamaan derajat.
Dalam pemikirannya ia
selalu mengedepankan prinsip mayoritas.
|
· Two Triatises of
Governement (1690).
· A Letter on Toleration
(1689).
· Some Thoughts Concercing
Education (1693).
· Oceana adalah karyanya, ia menggariskan skema
bagi reformasi pemerintahan republik baru yang perlu dibangun dalam commonwealth
oceana.
· An Essay concerning toleration.
|
Menurut Locke Salah satu kebebasan yang
harus dihargai adalah :
1. kebebasan menganut agama dan keyakinan
dalam civil society ,
2. Gagasan toleransi agama
sejalan dengan pandanganya tentang perjanjian masyarakat dan wewenang
kekuasaan Negara.
3. Perlu adanya toleransi timbal balik antara otoritas keagamaan dengan
pemerintahan sipil.
Jadi Lock mencolok pada
Skularisme dan Liberalisme. Menrutnya
negara jangan terlalu ikut campur terlalu jauh dalam hal agama.
|
3
|
Jasque Rousseu
![]() |
Rousseu
Adalah Manusia Abad Pencerahan, Ia Di Lahirkan 28 Juni 1712 Di Geneva, Swiss
dan meninggal 2
Juli 1778. Ia Banyak Hidup Dengan Pamannya Seorang Pemuka
Agama Yang Kaya Raya.
Ia Hidup Saat Perancis menjadi salah satu center of civilization Eropa. Ia mengedepankan
konsep Romantisme. Yang mana kaum ini membenci kehidupan modern,
industrialisasi dan ekspansi. Selain itu ia seorang filsuf dan komposer Perancis Era
Pencerahan dimana ide-ide politiknya dipengaruhi oleh Revolusi Perancis, perkembangan
teori-teori liberal
dan sosialis,
dan tumbuh berkembangnya nasionalisme.
|
Rousseau berpendapat bahwa
manusia mempunyai keadaan alamiah atau keadaan asli dalam dirinya sebagai
suatu individu yang bebas atau merdeka tanpa adanya suatu intervensi atau
paksaan dari manapun.
manusia abad pencerahan sudah
mengubah dirinya menjadi manusia rasional . manusia rational hanya
mementingkan factor material untuk memenuhi kebutuhan dirinya . factor-faktor
non-materail berupa perasaan dan emosi mengalami pengikisan yang berakibat
manusia seolah-olah hanya bergerak menurut rasionya saja..
Mengenai
keadaan alamiah Manusia pada dasarnya baik.
|
Negara merupakan bentuk
nyata dari kontrak social.Individu-individu di dalamnya sepakat untuk
menyerahkan sebagian dari hak-haknya untuk kepentingan bersama melalui
pemberian kekuasaan kepada
pihak-pihak tertentu diantara mereka.
Menurutnya
keabsahan memerintah atas kehendak umum atau rakyat itu memiliki dua hal :
pertama kemauan, kedua kekuatan. Yang di maksudnya kemauan yaitu kekuasaan
legislative dan yang di maksud kekuatan adalah kekuasaan eksekutif. Dua
kekuasaan ini harus ada kerjasama secara harmonis.
Negara
yang ia didambakan adalah sistem yang memberlakukan demokrasi langsung dimana rakyat
menentukan penguasa atau pemimpin mereka, membuat tata negara dan peraturan
secara langsung dengan tanda kutip wilahnya itu tidak terlalu luas.
Bentuk negara yang menrutnya
cock ada 3 karena dilihat dari jumlah yang berkuasa, antara lain demokrasi,
aristokrasi dan monarkhi.
|
·
Du Contrac Social
·
Discours sur I’origine et les fondements de l’inegalite parmi les
homes.
·
Considerations sur le gouvernement de pologne.
·
Confession', yang menginisiasi
bentuk tulisan autobiografi modern
·
Reveries of a Solitary Walker
·
magnum
opusnya, On Social Contract
, Buku IV
|
Rosseau membagi agama menjadi
dua, agama manusia dan agama masyarakat. Model pertama oleh Rosseau digambarkan
sebagai natural divine right or law.
Sementara yang kedua ia
menyebutnya sebagai civil or positive divine right or law.
Menurutnya agama yang menekankan
pada aspek moralitas dan penyembahan kepada Tuhan. Rousseau menyebut juga agama ini sebagai the religion of
Gospel . Sementara, agama masyarakat atau agama sipil, terorganisasi dan
hirarkis serta terikat dengan dogma-dogma formal. Agama ini mengajarkan cinta
tanah air, ketaatan pada negara dan nilai-nilai pengorbanan.
|
4
|
Charles-Louis de Secondat Baron de La Brède et de Montesquieu.
![]() |
Lahir
pada tahun 18 Januari
1689 di kota Bordeaux, wafat 10 Februari 1755
Perancis. Montesque terkenal dengan Bapak Sosiologi Modern, dan ia
juga sejarawan.
ia pernah bekerja di pengadilan
Ia penulis
novel terkemuka. Gagasan yang terkenal mengenai Trias Politica.
Ia memegang peranan penting
dalam mempopulerkan istilah "feodalisme"
dan "Kekaisaran Bizantium"
|
Montesquei
menjelaskan bahwa terbentuknya perbedaan tingkah laku dan perilaku social
individu disebabkan factor iklim dan letak geografis.
Mengenai
masalah manusia dan masyarakat banyak dijelaskan pada spirit of laws, karena
ini mempengaruhi lingkungan fisik manusia, bentuk kegiatan cara bagaimana
manusia hidup bermasyarakat dan lembaga-lembaga social. Montesquie
berpendapat kabinet yang ideal adalah cabinet yang terdiri dari dua kamar,
kamar rakyat dan kamar bangsawan. Keduanya harus diberi hak yang sama.
|
Negara ideal menurutnya adalah
berbentuk republik. Ia membagi dua kekuasaan yaitu, pemisahan kekuasaan dan pembagian
kekuasaan. Ini lahir dari trias politica yaitu tidak saling berkaitan antara
satu dengan yang lain atau pembagian kekuasaan dengan makna pemisahan
kekuasaan.
Inti
trias politica yaitu membagi kekuasaan menjadi 3 bentuk,
eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
Eksekutif
sebagai penyelenggara UU, Legislatif sebagai pembuat UU, dan Yudikatif
sebagai penguasa
yang diberi otoritas mengadili atas pelanggaran UU
Menurutnya
Negara monarki adalah bentuk Negara despotis yaitu merupakan Negara terburuk.
Menurutnya monarki itu tidak buruk asal saja penguasanya mematuhi hukum,
menghormati rakyat dsb.
|
·
The Considerations on The Causes of The Grandeur and Decadence of the
Romans (1743).
·
Spirit of The Law
·
Letter persanes, Paris Garnier Flammarior 1964.
·
De
L’esprit des Lois
yang berisi tentang konstitusi ideal.
|
Menurutnya agama menjadi
factor yang di perhitungkan oleh penguasa Negara despostis yang membuatnya
harus hati-hati bila melakukan tindakan.
Jadi apabila agama bisa
menjadi hal yang menguntungkan maka ia akan pergunakan, akan tetapi apabila
hadirnya agama menjadi merugikan agama akan ditinggalkan atau disingkirkan.
|
5
|
Georg Wilhelm
friedrich Hegel
![]() |
Lahir di Stuttgart
tanggal 27 Agustus 1770 dan meninggal pada tahun 1831 karena sakit keras. Hegel
merupakan filosofis yang memikirkan tujuan untuk mengatasi ketegangan
diantara manusia dengan alam. seorang
filsuf idealis
Jerman yang
lahir di Stuttgart,
Württemberg,
kini di Jerman
barat daya. Ia lahir dari keluarga kelas menengah dan Ia
adalah pencetus faham Hegelianisme.
|
Menurutnya
kehidupan masyarakat pada saat ini merupakan penjelmaan dari roh kudus. Yang
semuanya bersifat suci.
Ia
mempunyai argument, bahwa manusia itu bersifat rasional dan memiliki
kesadaran sendiri maka ia sangat mengkultuskan kebebasan dan harus dibatasi di bawah pengawasn
kekuasaan pemerintah.
Dialektik terdiri dari Ritme
Tiga Hentakan: Thesis, AntiThesis dan Sintesis. Ini merupakan dukungan
dari Ide Sosial yang ia sebut sebagai Roh Masyarakat.
|
Ajaran
Hegel mengundang ajaran yang mutlak dan
di sebut dengan Absolute Idealism. Dari
sini penyebab paham kedaulatan Negara yaitu bahwa semua kekuasaan bersumber
dari Negara.
Negara
dalam pemikirannya merupakan penjelmaan roh absolute dan roh ini terbagi
menjadi dua : roh subjectif dan objectif. Hegel pun melihat karena ia
perwujudan roh sebagai organ politik yang suci pula.
Negara dianalogikan sebagai
derap langkah kaki tuhan di bumi, sehingga negara bukan alat kekuasaan, melainkan tujuan itu sendiri.
|
· Phanomenologie Des Geistes Atau Fenomologi Roh (1806).
·
Wissenschaft Der Logik Atau Ilmu Logika (1812-1816).
·
The Philoshophy Of History Atau Filsafat Sejarah (1818).
·
The PhilosophIy of Rights atau Filsafat Hak (1812).
·
Phenomenology
of spirit
|
Hegel menilai
agama sebagai
kepentingan-kepentingan universal umat manusia, dan
memperjuangkannya secara bersama-sama.
Prespektif
kristiani itu merupakan hal yang suci (sacral). Ia hanya mempercayai sifat trinitas dan dilengkapi dengan desain orang yang lebih baik secara moral dan lebih
menyenangkan kepada Allah.
|
6
|
![]()
Karl Heinrich Marx
|
Karl Heinrich Marx lahir pada 5
Mei 1818 di Trier atau Traves, Jerman Hobbes adalah peletak dasar terhadap
tradisi kontrak sosial modern. Ia
terbilang dari keluarga terpandang.
Ayahnya Heinrich Marx adalah
seorang yang berdarah Yahudi yang menjadi pengacara ternama di Traves,
sementara ibunya juga berdarah Yahudi adalah putri pendeta Belanda. Karl Marx
yang dikenal secara luas sebagai pendiri Ideologis komunis yang sebenarnya
adalah seorang teoretikus besar kapitalisme. Marx sering dijuluki sebagai
bapak dari komunisme. Marx terkenal karena analisis nya di bidang sejarah
yang dikemukakan nya di kalimat pembuka pada buku ‘Communist Manifesto’
(1848) :” Sejarah dari berbagai masyarakat hingga saat ini pada dasarnya
adalah sejarah tentang pertentangan
kelas.
|
Marx
berpendapat bahwa dalam proses perkembangannya masyarakat akan mengalami
perpecahan dan kemudian berbentuk dua blok kelas yang saling bertarung yaitu
kelas borjuis kapitalis dan kelas proletariat.
Hubungan
eksploitasi antara dua kelas itu menurut Marx akan menciptakan antagonisme
kelas (Class Antagonism) yang pada akhirnya akan melahirkan krisis
revolusioner.
Marx
dan Engel mempunyai beberapa pemikiran tentang kemasyarakatan : pertama, fakta bahwa sejarah umat manusia
di warnai oleh perjuangan atau pertarungan di antara kelompok-kelompok
manusia. kedua, sejarah perkembangan masyarakat selalu terdapat polarisasi.
Suatu kelas hanya ada dalam posisi bertentangan dengan kelas-kelas lainnya.
Dan kelas itu tidak lain adalah kelas penindas dan kelas tertindas.
|
Menurut
Marx, negara secara hakiki merupakan negara kelas artinya negara dikuasai
secara langsung maupun tidak langsung oleh kelas-kelas yg menguasai bidang
ekonomi. Dengan perspektif ini maka negara bukan kawan kaum tertindas
melainkan lawan.
Marx
adalah orang yang sering mengkobarkan api Revolusi bisa kita lihat ia
mengobarkan aksi Revolusi dengan kaum buruh besar-besaran dari tiga negara
inggris, Jerman, dan Perancis ini merupakan revolsi liberal di Eropa,
kemudian saat Era pencerahan membawa Eropa ke dalam sebuah peralihan dari
kaum feodal ke kaum kapital ia mengobarkan revolusi tekonolgi saat adanya
mesin cetak oleh Johan Guttenberg pada abad ke 15 M revolusi ini disebut
dengan “Engel Revolusi Industri. Dari sinilah lahir fenomena revolusi sosial
yang salah satunya terjadi di Perancis.
Dalam revolusi sosial ini, pihak yang menjadi aktor utamanya adalah
kelas sosial baru yakni kaum borjuis atau kapitalis. Dengan hadirnya revolusi
sosial ini, sistem feodal mulai runtuh dan kehilangan legitimasinya di mata
masyarakat dan digantikan oleh sistem kapitalis
|
üUber die Differenz der democratischen undapikuraischen NaturePhiloshopie,.
(15 April 1841), termuat dalam Historich kritiche Gesamtausgabe: Werke
Scriften, Briefe (Frank furt 1844),
Vol. I. P. 3-144.
üKritik des hegelchen Staatscrechts (1834), ((Stuttgart: Kroner), p.
20-149 Publikasi Inggris, Cristisme Of The Hegelian Philosopi of law
(London).
üDie Deutsche Ideologie (1846), yang di tulis bersama Engels. Terjemahan dengan kata pengantar oleh R.
Pascal, The German Ideology
(Newyork: 1939).
|
Agama menurut Marx sebagai
candu masyarakat, pendapat ini lahir karena citraagama telah di ubah yang
mana agama adalah alat pengayom, pengasih, dan pembela,
Akan tetapi agama menjadi alat
pelegalisasi kekuasaan pemerintah yang menguntungkan kaum elite. agama adalah
perangkap yang di pasang kaum penguasa untuk menjerat kaum proletar yang
tertindas.
Menurutnya agama merupakan
pelarian dari ketidak-sempurnaan hidup manusia.
|
7
|
![]()
Robert Owen
|
Lahir lahir di Newton, Powys, Montgomeryshire, North
Wales, 14 Mei
1771
meninggal 17
November 1858. Owen adalah pemikir utama sosialisme utopis, dia adalah seorang pelaku
bisnis sukses yg menyumbangkan banyak laba dari bisnisnya demi peningkatan
hidup karyawannya. Maka dari itu ia terkenal dengan bapak koperasi. Ia juga menyediakan suatu komunitas Owenite yg disebut New Harmony (Keselarasan
Baru) di Indiana.
Awal
mulanya ia hanya pedagang kain kemudian Dia mendirikan suatu pabrik tekstil di New Lanark, Skotlandia, dalam
arti kata awal mulanya ia adalah kaum menengah menjadi kaum borjuis.
|
Menurutnya
Lingkungan adalah pembentuk utama watak manusia khususnya para pekerja. Maka,
ia membuat tempat-tempat rekreasi dan melarang anak di bawah umur 10 tahun
bekerja. Konsep Owen tentang anak-anak yaitu, anak dari umur 0-3 tahun harus
di rawat oleh orang tua dan dari umur 3 tahun ke atas harus di rawat oleh
Negara.
Ia juga
mendirikan koperasi konsumsi, yang di kemudian hari tumbuh bak cendawan di
musim hujan. Ia juga membuat Labour Exchange, yang membantu mengurangi
pengangguran di Inggris Raya.
|
Mengenai
Negara Owen sangat menyindir masalah ekonomi. Ia lebih menitik bertakan pada
kaum borjuis atau pemilik pabrik. Dan ia banyak membantu kaum ploretar.
Karena
Owen merupakan seorang yang utopis ia banyak melakukan kampanye-kampanye dan
Negosiasi-negosiasi.
Menurutnya
Pendidikan merupakan aspek terpenting untuk komunikasi antara rakyat dengan
Negara. Karena ia mengenal konsep “orang yang memiliki derajat tertinggi
adalah orang yang berpendidikan” maka dari itu Negara harus memberikan
pendidikan.
|
· Two Triatises of Governement
(1690).
· A Letter on Toleration
(1689).
· Some Thoughts Concercing
Education (1693).
· Oceana adalah karyanya, ia
menggariskan skema bagi reformasi pemerintahan republik baru yang perlu
dibangun dalam commonwealth
oceana.
|
Menurut Robert Owen Agama
membuat orang menjadi semakin bodoh, karena ini merupakan bentuk pengekangan
tuhan-tuhan kepada hambanya. Selain itu agama itu seluruhnya di dasarkan
pola imajinasi yang absolut.
Agama juga hanya di miliki oleh
orang yang bodoh dan miskin.
|
8
|
Immanuel
Kant
![]() |
Ia lahir di Konigsberg Jerman, tanggal 22 April
1724, meninggal 12 februari 1804. Ia mendapat julukan Deralleszermalmer dari
Moses Mendelshon seorang filsuf keturunan yahudi, Yang artinya pelumat segala
sesuatu. Ia pemikir yang sulit di pahami.
Ia hidup saat pencerahan sedang
mekar-mekarnya di Jerman. Dan ia juga hidup saat revolusi Prancis dan saat
kejayaan Napoleon.
Orang tua Kant adalah penganut
gerakan Pietisme (gerakan keagamaan dalam protetanismeyang muncul sebagai
reaksi atas teologi akademik yang sangat rasional dan institusi gereja yang
kaku). Pengaruh pietisme sangat berpengaruh bagi Kant yang selalu menjunjung
tinggi nilai-nilai kewajiban.
Pemikirannya sangat kental
mengangkat tentang hukum, dan etika Moral.
|
Karya
Kant yang terpenting adalah Kritik der Reinen
Vernunft, 1781. Dalam bukunya ini ia “membatasi pengetahuan manusia” Atau
dengan kata lain “apa yang bisa diketahui manusia.”
Ia
menyatakan ini dengan memberikan tiga pertanyaan:
·
Apakah yang bisa
kuketahui?
·
Apakah yang harus
kulakukan?
· Apakah yang bisa kuharapkan?
Pertanyaan
ini dijawab sebagai berikut:
·
Apa-apa yang bisa
diketahui manusia hanyalah yang dipersepsi dengan panca
indra. Lain dari pada itu merupakan “ilusi” saja, hanyalah ide.
·
Semua yang harus dilakukan
manusia harus bisa diangkat menjadi sebuah peraturan umum. Hal ini disebut
dengan istilah “imperatif kategoris”.
Contoh: orang sebaiknya jangan mencuri, sebab apabila hal ini diangkat
menjadi peraturan umum, maka apabila semua orang mencuri, masyarakat tidak
akan jalan.
·
Yang bisa diharapkan
manusia ditentukan oleh akal budinya. Inilah yang
memutuskan pengharapan manusia.
Dan
dilanjutkan dengan pertanyaan keempat apa itu manusia???
|
Kant
lebih mengedepankan liberal yang demokratis, dan ia mengganti state of nature
menjadi masyarakat sipil.
Liberal
yang demokratis lahir karena ia lebih menitik beratkan kosmopolitanisme moral
yang mana lebih mementingkan peran negara-negara dalam pengelolaan kapasitas
alam dan memilih untuk memperbaiki ruh dari negara-negara agar lebih
mengedepankan pada perlindungan hak asasi dan jaminan keamanan manusia.
Menurutnya
hukum adalah keseluruhan syari’at –syari’at yang dengan ini kehendak bebas
dari orang yang satu dapat menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang
lainnya.
Proses
hukum bisa terjadi dengan :
·
Mengatur HAM
·
Pembagian kekuasaan untuk
menjamin hak peradilan dalam perselisihan
·
Pemerintahan berdasarkan
peraturan-peraturan.
|
·
Grundlegung
zur metaphisic der sitten/GMS 1785.
·
Kitik der
urteilskraft, 1790.
·
Zum ewigen
frieden, 1795.
·
Meditatoium
quarundumde igne succinta delianetio, 1755.
·
Kritik der
praktischen vernunft/kpV, 1788.
·
Demundi
sensibilis atque intelligibilisforma et principiis, 1770.
|
Ia tidak menyebut pada pola
absolut akan tetapi ia berbicara hukum alam. Tetapi dalam buku lain ia
mempunyai kepercayaan akan takdir.
|
9
|
![]()
John Stuart Mill
|
Ia lahir di London pada tahun
1806. Ia adalah seorang filsuf empiris dari Inggris. Ia juga dikenal sebagai reformator dari utilitarianisme sosial.
Ayahnya, James Mill, adalah seorang
sejarawan dan akademisi. Ia mempelajari psikologi,
yang merupakan inti filsafat Mill, dari ayahnya.
Mill dipandang sebagai
penghubung aliran individualisme
dengan
aliran sosialisme. Selain itu
ia adalah orang yang sering mengemukan tentang hidup kebahagiaan, kesenangan.
Ini lahir dari Utilitarianisme yang biasa disebut sebagai teori kebahagiaan
terbesar (the greatest happines theory)
Ia juga memakai prinsip Liberalism yang dipakai
pada perpoltikan pemerintahan pada masa itu yaitu Demokrasi. Mill menjadi
tokoh intelektual liberalisme Inggris kedua yang tidak lagi membela paham
laissez faire klasik, melainkan memperhatikan tuntutan-tuntutan keadilan
social (Magnis Suseno, 1998: 177-178).
|
Dalam
kontek masyarakat dan manusia ia lebih menitik beratkan pada kebahagiaan dan
kebebasan, karena pada dasarnya tujuan perbuatan manusia dan ukuran moralitas
adalah hidup bebas dari kesedihan, dan kaya se kaya-kaya nya dalam
kesenangan, baik dalam kualitas maupun kuantitasnya. Seperti filsafat
Utilitarianisme modernnya Mill yaitu usaha untuk mengejar kebahagiaan samapi
puncaknya.
Ada dua
sumber pemikiran utilitarianisme Mill, Pertama, dasar normatif artinya suatu
tindakan dianggap benar kalau bermaksud mengusahakan kebahagiaan atau
menghindari hal yang menyakitkan, dan buruk kalau bermaksud menimbulkan hal
yang menyakitkan atau tidak mengenakkan. dan Kedua, dasar Psikologi artinya
dalam hakikat manusia berasal dari keyakinannya bahwa kebanyakan, dan mungkin
saja semua, orang punya keinginan dasar untuk bersatu dan hidup harmonis
dengan sesama manusia.
|
Dari
kekuasaan ia membagi dua kekuasaan yaitu,
pemisahan kekuasaan dan pembagian kekuasaan. Ini lahir dari trias
politica yaitu tidak saling berkaitan antara satu dengan yang lain atau
pembagian kekuasaan dengan makna pemisahan kekuasaan.
Ia
lebih mengedepankan Demokrasi dan paling anti Monarki. Menurutnya Demokrasi
adalah konsep terbaik dalam pemerintahan, karena dengan Demokrasi pasti
disitu ada undang-undang yang akan mengaturnya dan semua orang bisa
menuangkan tentang kebebasan.
Yang
lebih menarik dari Mill adalah ia tidak percaya adanya pemerintahan dalam
mensejahterakan masyarakat, karena masyarakatlah yang akan mensejahterakan
dirinya sendiri.
|
· The Considerations on The
Causes of The Grandeur and Decadence of the Romans (1743).
· Spirit of The Law
· Letter persanes, Paris Garnier Flammarior 1964.
· Edinburgh Review The Principles
of political Ekonomy 1848
· Two Letters on the measure
of Value 1822
· The Traveller “Question of
Population” 1823
· The Negro Question, 1850.
· Frazer Magazine
|
Menurutnya agama menjadi factor
yang di perhitungkan oleh penguasa Negara despostis yang membuatnya harus
hati-hati bila melakukan tindakan.
Dan baginya harus ada
kepercayaan kepada tuhan, dan yakin bahwa tuhan menciptakan dengan hak
seluruh yang sama.
|
Jangan Bertanya apa yang Negara berikan kepada kita, tapi tanyakan apa yang telah kita berikan kepada negara (F.D. Rossevelt) Berusaha meraih cita, dengan usaha sepenuh jiwa.
Pemilu RW

Jumat, 18 Mei 2012
Thomas Hobbes, John Lock, Rousseu, Montesquieu, Hegel, Karl Marx, R. Owe
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar